Monday 11 May 2015

Meski Sering Hanya Dianggap Rekreasi, Ini 9 Manfaat Berenang Jika Kamu Melakukannya Rutin dan Sungguh-Sungguh

Waktu kita kecil, bermain air merupakan hal yang sangat menyenangkan. kita suka bermain air di ember atau di kolam. Jika kita berkunjung ke rumah tetangga dan disana ada kolam ikan, kita pasti akan tertarik melihatnya. Ada lagi kenangan saat kita rela keluar hujan-hujanan di halaman rumah atau berlari bersama teman-teman kita keliling kampung demi menikmati asyiknya bermain air,
   
Sekarang kita beranjak dewasa, tentu kita akan malu jika masih berlari hujan-hujanan di luar rumah bersama teman-teman kita, atau  bermain "obok-obok" air di rumah, kita akan dikira menderita masa kecil kurang bahagia. Nah ada satu cara untuk menyalurkan asyiknya bermain air di usia yang sudah beranjak dewasa ini, ya berenang.

Kita sering menganggap berenang hanya sebagai sarana rekreasi dan karenanya berenang hanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja. Padahal, jika dilakukan rutin olahraga ini memiliki manfaat yang besar. Berikut 9 manfaat yang kamu dapat jika rutin berenang:


1. Berenang Akan Menurunkan Berat Badan.

Berenang merupakan olahraga aerobik. olahraga aerobik adalah olahraga yang memanfaatkan banyak oksigen untuk menghasilkan energinya. berenang sebagai olahraga aerobik sangat bagus untuk membakar lemak, karena sumber tenaga olahraga aerobik adalah lemak dalam tubuh. Semakin lama durasi kamu berenang, semakin banyak lemak yang terbakar sebagai sumber energi.  

2. Berenang Akan Membuat Tubuh Kita Semakin Berotot.

Otot yang digunakan saat berenang akan bertambah kuat dan dan bertambah besar. hal ini terjadi karena otot yang rutin digunakan tersebut akan mengkompensasi berat latihan yang dilakukan sehingga otot tersebut bertambah lebih kuat. Selain itu, berenang bekerja seperti hormon insulin. hormon insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengubah glukosa hasil makanan yang kita makan menjadi gula otot (glikogen). Dengan berenang makanan yang kita makan tidak akan tertimbun menjadi lemak tetapi akan diubah menjadi otot sehingga tubuh berubah menjadi atletis. wow!

3. Berenang Membuat Perasaan Menjadi Senang dan Bersemangat.

Berenang akan membuat tubuh kita menghasilkan hormon yang namanya endorphin. endorphin itu morphine alami yang diproduksi oleh tubuh kita. tahukan morphin? morphin adalah obat yang sering digunakan oleh pecandu narkoba untuk menghasilkan sensasi rileks dan menyenangkan. (tapi hati-hati ya, morphin sangat berbahaya karena membuat kecanduan dan merusak tubuh orang yang kecanduan).  Endorphin hasil alami dari olahraga ini akan membuat kita rileks dan merasa bersemangat. Selain endorphin ada juga hormon yang bernama serotonin yang akan membuat perasaan bahagia. Serotonin juga meningkat saat kita jatuh cinta loh.

4. Berenang Akan Menguatkan Otot Jantung.

Berenang sangat bagus buat paru-paru dan jantung kita. Berenang merupakan olahraga yang mengandalkan ritme pernafasan sehingga paru-paru dan jantung kita akan menjadi lebih kuat. Alveoli atau gelembung dalam paru-paru kita akan meningkat kemampuannya untuk menyerap oksigen yang kita hirup sehingga tubuh kita akan lebih sehat dan tidak mudah capek. Berenang dapat membuat otot jantung bertambah besar dan kuat sehingga darah yang dipompa dari jantung akan sangat berlimpah. jika aliran darah lancar, tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Otot jantung yang kuat juga akan membuat kamu terhindar dari penyakit serangan jantung.

5. Berenang Menurunkan Kolesterol.

Kolesterol adalah lemak yang ada dalam darah. Lemak ini akan menempel di pembuluh darah kamu kalo jumlahnya tidak terkontrol. Lemak yang sudah menempel lama-lama akan menyumbat pembuluh darah kamu dan mengakibatkan penyakit darah tinggi, serangan jantung bahkan stroke. Ga mau kan masih muda kok sudah terkensa darah tinggi apalagi stroke. Nah berenang akan membuat pembuluh darahmu kuat dan tidak mudah ditempeli lemak jahat. Lemak yang ada di darahmu juga akan berkurang karena tubuhmu yang sering digunakan berenang akan mengeluarkan lemak-lemak berbahaya itu dari tubuh.

6. Berenang Membuatmu Semakin Cerdas.

Aliran darah yang lancar ke otak akan membuat kamu lebih berkonsentrasi ketika belajar. meskipun otak kamu hanya sektiar 5% dari otak kamu, tapi sekitar 20% aliran darah dari jantung menuju ke otak. Otak menggunakan oksigen yang diangkut darah kamu untuk berpikir, berkonsentrasi, dan menghafal. Jika darah dan oksigen yang menuju otak terhambat, kerja otak kamu akan menurun sehingga timbullah gejala seperti mudah mengantuk, sulit berkonsentrasi, sering melamun dll.  

7.  Berenang Adalah Olahraga Sepanjang Masa.

Berenang merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh semua usia. Berenang yang menggunakan air sebagai medianya tidak akan menimbulkan banyak hentakan yang membuat otot dan sendi-sendi kita tertekan sehingga cedera yang ditimbukan sangat minim. Mulai dari balita hingga kakek nenek tidak ada larangan untuk melakukan olahraga berenang. Bahkan ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk berenang karena disamping risiko cederanya yang rendah, aliran darah yang lancar membuat bayi mendapat asupan gizi berlimpah dari ibu.  

8. Umur Panjang Jika Kamu Rutin Berenang.  

Berenang yang dilakukan hingga usia senja pasti akan membuat kualitas hidup kamu meningkat. Jika kamu rajin berolahraga otot, tulang dan otakmu akan tetap berfungsi dengan baik. Tulangmu tidak mudah keropos dan kemampuanmu berpikir tidak menurun sehingga tidak mudah linglung. Hidupmu akan lebih berarti jika di hari tuamu, kamu tidak merepotkan keluargamu dan tetap bermanfaat untuk orang lain.

9. Masih Banyak Lagi.

Kamu akan terhindar dari risiko terkena serangan jantung, diabetes, stroke, tbc dan penyakit lainnya. Sistem kekebalan tubuhmu juga akan meningkat dan kamu tidak akan mudah terkena infeksi penyakit. Masih banyak manfaat yang akan kamu peroleh jika kamu melakukannya rutin dan sungguh-sungguh.

Rutin: 2-3 kali seminggu minimal 90 menit sekali berenang.




No comments:

Post a Comment