Monday 11 May 2015

Seorang Gamer Ditemukan Mati Mendadak, Kok Bisa?


League of Legends, Diablo III, World of warcraft, DotA 2, Counter strike, jika kamu seorang gamer, kamu pasti tahu deretan game-game terfavorit sejagat ini. Tetapi, pernahkah kamu mendengar berita tentang orang-orang yang meninggal mendadak saat bermain game online berjam-jam lamanya? Berita yang terakhir adalah seorang Taiwan bernama Hsieh (32 tahun) yang meninggal setelah tiga hari bermain game online non stop. Lalu, apa sebenarnya yang membuat orang-orang tersebut meninggal secara misterius?

Ada banyak sebab mengapa orang-orang yang sedang asyik bermain game online meninggal secara tiba-tiba. Disamping kelelahan dan kurangnya asupan makanan dan minuman karena berjam-jam bahkan berhari-hari bermain game, adanya sumbatan di paru-paru menjadi salah satu penyebab seorang gamer meninggal secara mendadak.
Sumbatan di paru-paru atau yang disebut emboli paru (pulmonary embolism) adalah kondisi dimana pembuluh darah arteri pada paru-paru tersumbat oleh embolus yang dapat berupa gumpalan darah, lemak, gelembung udara atau tumor. Gumpalan darah (thrombi) merupakan penyebab tersering emboli paru. Pada gamer yang berjam-jam bahkan berhari-hari duduk di depan komputer, gumpalan darah terbentuk akibat menurunnya atau berhentinya aliran darah di area tubuh bagian bawah terutama di pembuluh darah vena bagian kaki dan pinggul.

Menurun atau berhentinya aliran darah akibat minimnya gerakan dan perubahan postur tubuh saat duduk membuat darah mengental di bagian bawah tubuh. Ketika darah menggumpal, gumpalan tersebut dapat terpecah menjadi gumpalan-gumpalan yang lebih kecil dan terbawa aliran darah menuju jantung. Karena ukurannya yang tidak normal, gumpalan darah tersebut dapat menyumbat pembuluh paru-paru yang menyebabkan kesulitan pernapasan yang parah dan dapat mengakibatkan kematian mendadak. Dalam kasus yang ekstrim, gumpalan darah tersebut dapat menyumbat jantung dan menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah (gagal jantung).

Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi yang sering tidak disadari oleh para gamer menambah risiko para gamer terkena emboli paru karena kurangnya cairan tubuh dapat meningkatkan kekentalan darah sehingga darah cepat menggumpal.

Selain gamer, orang-orang yang bekerja dengan posisi yang tidak berubah (statis) selama berjam-jam berisiko tinggi terkena emboli paru. Salah satu kasus yang terkenal adalah meninggalnya seorang jurnalis NBC bernama David Bloom (39 tahun) yang meninggal saat bertugas meliput berita konflik di Iraq tahun 2003. Berjam-jam hingga berhari-hari ia duduk di dalam sebuah kendaraan tank untuk meliput konflik sebenarnya yang terjadi di Irak. Di perjalanan ia merasa kesulitan bernapas dan tak berselang lama kemudian ia meninggal. Dokter kemudian mengungkapkan bahwa penggumpalan di bagian vena menyebabkan emboli paru yang berakibat kematian mendadak.

Mencegah terjadinya kondisi yang berbahaya ini dapat dilakukan dengan meregangkan otot, menggerak-gerakkan kaki atau berjalan-jalan setelah lama dalam posisi statis dan juga tidak lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Yang terkahir, semua orang tentunya ingin panjang umur dan hidup sehat tidak terkecuali para gamer. Untuk itu, simak tips-tips berikut agar bermain game online berhari-hari dapat menyehatkan tubuh:

1. Lakukan peregangan otot terutama bagian kaki dan jari agar tubuh tidak terasa kaku saat bermain game online.
2. Sediakan makanan seperti roti sabagai sumber nutrisi tubuh dan mencegah kelaparan.
3. Selalu sedia air putih untuk mencegah dehidrasi.
4. Posisikan tangan dan postur tubuh se-ergonomis mungkin sehingga tidak terjadi cedera otot dan kelainan-kelainan pada tulang belakang.
5. Seringlah ganti baju agar jamur tidak tumbuh meskipun tidak mandi berhari-hari. 
6. Pastikan saat bermain game dalam kondisi berwudhu. jika sewaktu-waktu mati mendadak kamu dianggap meninggal dalam keadaan suci.
7. Jika semuanya telah siap, matikanlah komputer dan pergilah berolahraga.



No comments:

Post a Comment