Friday 15 May 2015

7 Kelebihan yang Bikin Berenang Pantas Banget Jadi Hobi Lo



Lo hobi olahraga? Bagus! Yang hobi dan jago basket, futsal, sepak bola, voley, badminton, tennis teruskan hobinya. Tetapi tahu ga? ada hobi lain yang sayang kalo lo tinggalin dan ga dicoba, berenang. 

Dibanding sepak bola, futsal badminton dan basket olahraga yang satu ini memang kalah pamor tetapi jangan anggap remeh dulu kalo belum tahu kelebihan olahraga yang satu ini. Berikut 7 kelebihan berenang yang bikin olahraga yang satu ini pantes banget jadi hobi lo. 

1. Olahraga Yang Ga Harus Rame-Rame Kumpul

Lo orang yang suka menyendiri dan lebih suka nikmati hidup lo pribadi dari pada gabung sama temen-temen? Kalo gitu, Berenang pas banget jadi hobi kamu. Kalo futsal, sepak bola dan basket harus gabung tim dulu dan kudu janjian dulu, kumpul dimana, jam berapa dan kadang iuran buat sewa tempat, buat berenang lo ga perlu masuk tim ato repot-repot nungguin temen-temen. Lo tinggal datang sendiri ke kolam renang terserah kapan waktunya, terus bayar tiket masuk dan renang sepuas lo. Simpel kan? 

2. Olahraga Ringan Tetapi Punya Efek Besar Buat Kesehatan

Berenang itu olahraga yang ringan bro, ga terlalu berat dan ga terlalu bikin ngos-ngosan, tapi bisa bikin kehabisan napas juga sih, kalo teknik berenang lo kurang baik. Tapi pada dasarnya, berenang memang tidak terlalu bikin capek. Kalo dibandingan misalnya joging selama 2 jam dan berenang selama 2 jam lo pasti bisa nebak bedanya. bedain rasanya jogging selama 2 jam itu gmana? Kalo ga biasa, ga hanya paru-paru lo yang kembang kempis, kaki lo juga. 

Nah manfaatnya jangan tanya, berenang itu bagus banget karena termasuk olahraga aerobik yang bagus buat rontokin lemak. Berenang rutin ditambah atur pola makan bikin lemak lemak rontok dan lo bakal jadi langsing. Jantung dan paru-paru lo juga semakin kuat dengan olahraga yang “ringan” ini. Stress juga berkurang karena olahraga memicu keluarnya endorphin, hormon yang membuat mood-mu kembali bersemangat dan masih banyak lagi manfaatnya.

3. Minim Cidera

Miinim cedera karena medianya yang berupa air, jadi jarang orang yang berenang ngalamin kejedot, jatuh, patah tulang ato cedera lainnya. Ada yang paling parah sih, tenggelam. Cedera yang agak sering mungkin keseleo dan kram kaki kalo teknik berenang lo kurang diperhatikan. Berenang itu olahraga yang istilahnya “low impact” ato “minim tubrukan” makanya ga cuma orang dewasa, bahkan balita dan ibu hamil juga tidak dilarang buat berenang.

4. Mau Balita, Remaja, Om-Om, Bapak-Bapak Sampe yang Udah Kakek Nenek Berenang Itu Ga Dilarang

Berenang itu olahraga segala usia, Lo bisa berenang meskipun usia lo sudah tua. Ga semua olahraga itu baik di usia tua loh, tapi berenang selalu jadi olahraga yang baik bahkan sangat disarankan karena sifatnya yang ringan, minim tubrukan dan minim menimbulkan cidera. Berenang membuat hidup sehat bahkan ketika kamu sudah jadi kakek-nenek dan tentunya bisa bikin usia lo tambah panjang. Balita juga ga ada salahnya diajak berlatih berenang karena bagus untuk pertumbuhannya.

5. Olahraga yang Bisa Dilakukan Di Waktu-Waktu Ga Biasa

Lo mau ga jogging pukul 12 siang bolong dibawah teriknya panas matahari? Pasti malas, yang ada kulit lo angus. Tapi, kolam renang beratap atau indoor menyediakan kesempatan lo berenang di waktu-waktu yang ga biasa. Jam 12 siang tidak jadi masalah bahkan di waktu itu kolam renang cenderung sepi, padahal siang-siang panas gitu kan enaknya rendem di air, bikin seger.  Kolam renang juga ada yang buka hingga pukul 8 malam, dingin? Ga kerasa kok kecuali kalo lo cuma berdiri basah kuyup di pinggiran kolam renang. 

6. Olahraga yang Bikin Rileks dan Ngilangin Stress

Suhu air kolam renang yang lebih rendah dibanding suhu badan lo bikin otot-otot rileks, kekencangan (spasme) otot lo turun. Detak jantung dan denyut nadi perlahan menurun dan ini membuat perasaan rileks. Selain itu berenang juga menurunkan hormon cortisol, hormon yang punya andil bikin lo stress. Efek anastesi, menghilangkan rasa sakit juga bisa didapat ketika lo nyemplung ke kolam renang.

7. Gaya yang Bervariasi Punya Masing-Masing Sensasi

Ada beberapa gaya dalam berenang seperti gaya katak atau gaya dada, gaya bebas, dan gaya kupu. Gaya katak atau gaya dada biasanya sering dilakuin oleh perenang pemula karena  gerakannya simpel dan mudah. Tapi jangan salah, gaya ini juga bisa bikin ngos-ngosan kalo dilakuin secara cepat. tapi rata-rata orang yang berenang dengan gaya ini melakukannya dengan santai. Gaya bebas, gaya yang cukup cepat dan sering kali bikin kehabisan napas kalo gerakanya kurang baik. Cara ambil napas yang salah dan tidak memahami ritme gerakan bikin cepet capek berenang dengan gaya ini. Tapi gaya ini termasuk gaya paling favorit di perlombaan loh karena kecepatannya.  Gaya kupu-kupu, namanya aja yang feminin tapi gaya ini termasuk gaya yang cukup berat karena tidak hanya menggunakan otot kaki dan tangan tetapi juga otot perut. Jangan tanya soal kecepatannya, kaya terbang. hehe. Gaya ini cepet bikin cape, dan jarang orang make gaya ini, tetapi ingat semakin berat gayanya, semakin banyak juga manfaat yang didapat, “No Pain No Gain”. 

Itu 7 kelebihan olahraga berenang yang bikin nyesel kalo ga dicoba dan dilatih. Tapi yang sudah punya hobi olahraga yang lain tidak perlu kecewa. Hehe. Semua olahraga punya kelebihan masing-masing dan semua olahraga akan bermanfaat jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Keep Healthy And Stay Fit!   

Referensi:

Mooventhan, A. and Nivethitha, L. (2014). Scientific evidence-based effects of hydrotherapy on various systems of the body. North Am J Med Sci, 6(5), p.199.

No comments:

Post a Comment