Wednesday 27 May 2015

Akibat Kurang Minum, dari Hilang Konsentrasi Hingga Hilang Kesadaran

Ingat iklan lucu suatu merek air minum yang biasa nongol di tv. Cerita tentang mba-mba yang bingung buka pintu geser gara-gara kekurangan air minum. Ada lagi iklan yang orangnya miring-miring saat mengalami dehidrasi. Tapi apa benar kekurangan cairan itu bisa menghilangkan konsentrasi kita? dan efek apa lagi yang kita dapat jika kita kekurangan cairan tubuh. Yuk Guys! kita cari penjelasan ilmiahnya disini.

Tidak Hanya Bikin Konsentrasi Kita Berkurang, Dehidrasi juga Bikin Kita jadi Bad Mood


Meskipun ada penelitian yang nunjukkin kalo dehidrasi itu tidak teralu signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kita, tetapi banyak penelitian lain yang nunjukin sebaliknya. Suatu penelitian terhadap anak-anak usia 10-12 tahun, dewasa muda usia 18-25 tahun dan kakek nenek usia 50-82 tahun yang mengalami dehidrasi nunjukin kalo konsentrasi, kemampuan berpikir dan kewaspadaan mereka menurun. Ada lagi penelitian terhadap orang-orang yang berada di tempat bersuhu tinggi dan mengalami kekurangan cairan tubuh, mereka juga merasakan gangguan penglihatan, dan penurunan kemampuan mengingat jangka pendek. 


Selain itu, ternyata dehidrasi juga bikin mood kita jadi jelek. Penelitian pada atlet yang berolahraga dan tidak minum selama beberapa jam akan menunjukkan tanda-tanda bad mood seperti marah, bingung, dan merasa capek.  bad mood ini disebabkan oleh tubuh kita yang tidak bisa nurunin suhu tubuh dengan baik akibatnya kita merasa sangat kepanasan. Beda dengan orang yang cairan tubuhnya cukup, tubuh mereka bisa mengatasi suhu tubuh yang panas dengan baik. Penyebab bad mood lainnya ternyata dehidrasi juga memicu adanya hormon stress, kortisol yang membuat mood kita jadi tambah buruk. 


Sebaliknya, penelitian membuktikan orang yang sering minum dan cairan tubuhnya cukup tidak mudah mengantuk dan punya kewaspadaan dan kesiagaan yang tinggi.


Tidak Baik untuk Lo yang Hobi Olahraga

Jika Lo seorang olahragawan atau hobi olahraga, memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu sebelum latihan akan meningkatkan performa Lo. Sebaliknya kekurangan cairan tubuh sebelum memulai olahraga akan membuatmu cepat capek, kurang motivasi, suhu tubuh yang terlalu panas, stamina berkurang dan bikin olahraga jadi terasa berat. Kalo sudah begini pasti performa Lo menurun drastis. 


Dehidrasi Bikin Sulit Poop atau BAB


Ketika Lo kekurangan cairan tubuh, tubuh bakal menyerap cairan yang ada di usus. Kalo cairan yang di dalam usus berkurang, kotoran Lo jadi lebih keras dan lo jadi sulit poop. Minum yang banyak bisa melancarkan BAB, tapi ini khusus buat yang mengalami dehidrasi. 

Orang yang tidak mengalami dehidrasi tapi kok sulit BAB bisa jadi sebab sulit BABnya bukan karena kekurangan cairan sehingga tidak bisa diobati dengan banyak minum. nah yang perlu diperhatikan juga, kurang minum bisa ngakibatin Lo sulit BAB, tapi kebanyakan minum tidak bikin lo jadi diare karena ginjal bisa ngatur kelebihan air dengan cara bikin Lo banyak pipis alias buang air kecil.

Dehidrasi Bikin Ginjal Cepet Rusak dan Rawan Terkena Batu Ginjal

Ginjal itu organ yang sangat penting. Fungsinya itu menyaring darah dan buat nawarin racun hasil dari metabolisme tubuh Lo. Kalo ginjalmu rusak, racun di dalam tubuh ga bisa dinetralkan sehingga bagian-bagian tubuh yang lain akan ikut rusak. Kurang minum bisa bikin rusak ginjal karena ketika Lo kekurangan cairan, ginjal akan bekerja lebih keras dengan cara mencegah air keluar dari tubuh Lo. Finjal yang bekerja keras agar cairan tubuh tidak keluar berakibat pipis Lo yang dikeluarin semakin pekat karena volume air yang lebih sedikit dari pipis normal. 

Ibarat teh kalo airnya sedikit akan lebih coklat warnanya. Nah pipis lo yang warnanya tambah kuning atau coklat itu tanda ginjalmu bekerja super keras agar air yang ada di tubuh Lo tidak banyak keluar. Kalo ginjal bekerja super keras terus menerus lama-lama ginjal ga kuat lagi dan mengalami kerusakan.

Sementara itu, pipis yang terus menerus pekat lama-lama akan menghasilkan endapan yang akan jadi batu ginjal. Ibarat teh yang dikasih gula, jika airnya tidak cukup, gulanya, tidak akan larut dan akan mengendap di gelas. Ini juga terjadi di ginjal Lo. Jika pipis yang dihasilkan terus menerus pekat lama-lama akan membentuk endapan di ginjal dan saluran kencing. 

Dehidrasi Bisa Bikin Pusing dan Hilang Kesadaran

Tahu kan fungsi jantung itu memompa darah. Komponen terbanyak darah adalah air. Kekurangan cairan akan bikin volume darah lo menurun. Kalo volume darah menurun jantung tidak bisa memenuhi kebutuhan darah ke bagian-bagian tubuh yang lain sehingga tubuh akan kekurangan oksigen (darah yang membawa oksigen dari paru-paru). Jika kebutuhan darah di otak tidak terpenuhi, kita akan sering merasa pusing. Yang lebih parah, jika oksigen di otak sangat minim akibat volume darah yang dipompa jantung terlalu sedikit muncullah hilangnya kesadaran karena kerja sel-sel otak akan terganggu akibat.kurangnya oksigen.  

Minum yang Cukup Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Minum air yang cukup akan mencegah rusaknya ginjal, mencegah infeksi saluran kencing, mencegah kekentalan darah sehingga terhindar dari penyakit jantung, dan melindungi otak karena asupan oksigen yang baik di otak akan membuat otak kita tetap sehat.

Keep healthy and Stay Fit!



Referensi:
Popkin, B., D'Anci, K. and Rosenberg, I. (2010). Water, hydration, and health. Nutrition Reviews, 68(8), pp.439-458.  

    
    


1 comment: