Saturday 16 May 2015

Ditengah-tengah Derita Menjadi Anak Keluarga "Broken Home" 8 Hal Ini Akan Membuatmu Lebih Kuat

Stress Akibat Broken Home
Hidup di suatu keluarga yang tidak harmonis memang sangat membuatmu menderita. Hilangnya rasa kasih sayang orang tua yang seharusnya menemani, membimbing, dan mendukungmu, membuatmu merasa menjadi anak yang terbuang dan kurang perhatian. Namun, ditengah-tengah himpitan hidupmu menghadapi dampak “broken home” sebenarnya masih ada hal-hal yang bisa membuatmu lebih kuat   


Tidak Perlu Merengek

Meskipun keadaan tidak berpihak denganmu, ketegaranmu dan kegigihanmu selalu dapat merubah kondisimu sekarang. Tidak perlu meratapi dan menangisi keadaanmu sekarang. Meratapi keadaan dan menyalahkan kondisi tidak akan pernah membuatmu lebih baik alih-alih membuatmu semakin terpuruk. Yang perlu kau lakukan adalah fokus memikirkan masa depanmu dan terus mencoba hal-hal baru yang bermanfaat.

Tidak Sedikit Orang Memiliki Jalan Hidup Yang Penuh Penderitaan Akan Menemui Kebahagiaan Jika Ia Tetap Berusaha

Keadaanmu sekarang bukanlah keadaan yang tidak bisa diubah. Di dunia ini tidak sedikit orang-orang yang memiliki kehidupan yang sangat berat dan latar belakang yang sangat kelam. Namun, hal itu tidak membuatnya putus harapan apalagi di usia yang masih muda. Dengan kegigihannya orang-orang yang tidak beruntung ini berhasil meraih kesuksesan. 

Kehidupanmu sekarang adalah kehidupan yang sudah dipercayakan oleh Tuhan. Jika Tuhan memberikanmu kehidupan, berarti Tuhan percaya dengan kemampuanmu untuk menjalani kehidupan. Dia percaya usaha yang kau lakukan dengan gigih pasti akan menemui hasil yang baik.

Jika Kau Tetap Tegar, Akan Banyak Orang yang Peduli Denganmu

Kegigihanmu menghadapi masalah keluargamu akan membuat orang-orang disekitarmu peduli dengan apa yang kamu rasakan. Sikapmu yang tegar akan membuat mereka menghormatimu dan membantumu menyelesaikan masalah-masalah yang kamu derita. Tidak hanya teman-teman dan guru-gurumu orang-orang yang dekat denganmu juga akan memperhatikan kondisimu.    

Menjadi Orang Mandiri

Kehidupanmu yang jauh dari orang tua tentu membuatmu harus mengerjakan tugas sehari-hari dan memenuhi kebutuhan hidupmu secara mandiri. Dengan sikap mandirimu sekarang kau akan lebih terampil dan lebih bisa diandalkan dibanding teman-teman sebayamu. Kemampuanmu memutuskan permasalahan hidupmu juga membuat pola pikirmu lebih dewasa. Kamu akan mempunyai keberanian lebih menghadapi segala tantangan hidup yang menghambatmu di masa depan.


"Broken Home" Bukan Alasan Untuk Tidak Mencari Hal-Hal yang Bermanfaat Untuk Hidup Kamu.


Kekesalanmu terhadap kondisi yang tidak bersahabat sering kali membuatmu kalap dan terjerumus ke dalam dunia gelap yang penuh hingar bingar. Padahal, jika kamu memikirkan kembali keterlibatanmu dalam perilaku merokok, menenggak alkohol, seks bebas, narkoba dan tawuran, perilaku-perilaku itu tidak akan pernah membuat masalahmu selesai. Yang ada kamu hanya menjadi seorang pecundang yang selalu kalah dan kalah menghadapi keadaan. 

Jangan jadikan dirimu seorang yang tidak berguna dengan mengikuti ajakan-ajakan tidak baik teman-temanmu. Teman-teman yang untuk memecahkan masalah mereka sendiri saja tidak bisa, apalagi memecahkan masalahmu? Jika ingin dihormati orang lain, jadikanlah dirimu terhormat dengan memberikan manfaat untuk orang lain. 


Kamu Akan Dihormati Setelah Berhasil Melewati Kerasnya Kehidupan.


Setelah melalui kerasnya kehidupan, kau akan dihormati oleh masyarakat sebagai orang yang berhasil.  Orang-orang akan menceritakan keberhasilan dan ketegaranmu melewati kehidupan yang penuh lika-liku. Banyak orang yang senasib denganmu akan bertanya bagaimana agar bisa melewati pedihnya menjadi anak dari keluarga “broken home”. Kau bisa memberikan motivasi kepada anak-anak broken home yang lain agar hidup mereka lebih baik. Tidak hanya memotivasi, kau pun akan lebih peduli dengan kehidupan mereka.


Suatu Hari Ada Seseorang, Selain Orang Tuamu, yang Benar-Benar Tulus Mencintaimu

Hidup akan terus berjalan. Seiring perjuanganmu menghadapi semua rintangan, akan datang seseorang yang benar-benar menaruh hati padamu. Ia tidak terlalu peduli dengan status keluargamu. Yang ia lihat kau adalah orang yang penuh tanggung jawab dan berpengalaman. Ia akan menerimamu apa adanya, menerimamu sebagai salah satu orang terdekatnya. Ia akan memberikan perhatian yang dulu kau impikan, meskipun dalam bentuk yang sedikit berbeda. Ia akan setia menunggu kedatanganmu ketika kau pergi. Ia akan begitu mencemaskanmu saat telepon genggammu tak kunjung-kunjung kau angkat. Ia juga akan selalu mendukungmu dan menyemangatimu ketika kau merasa kesusahan. Ia akan bersedia menyediakan punggung dan bahunya untuk menopang beratnya kehidupan yang kamu rasakan dan ia sama sekali tidak mengeluh. Pada akhirnya, kamu pantas mempercayainya karena ia tidak akan pernah mengkhianatimu dan mempermainkanmu. Orang itu bukan seorang pacar atau seorang teman, orang yang begitu baik itu adalah istrimu/suamimu kelak.

Kamu Tahu Betapa Sakitnya Menjadi Anak Keluarga Broken Home. Karenanya, Kau Akan Berusaha agar Tidak Ada Lagi Anak-Anak Yang Senasib Denganmu
Keluarga sakinah mawaddah wa rahmah
http://www.ummi-online.com/foto_berita/73tips-membangun-keluarga-harmonis-dengan-cara-sederhana.jpg
Merasakan penderitaan yang begitu mendalam membuatmu sadar anak-anakmu tidak boleh merasakan hal yang sama denganmu. Kau akan berusaha maksimal untuk memberikan kasih sayang yang besar untuk anak-anakmu. Kau juga akan berusaha membuat keluargamu harmonis, rukun dan pengertian satu sama lain  Setelah menyadari betapa pentingnya sebuah keluarga bagi anak-anaknya kau akan menyebarkan kebaikan yang pernah kau dapatkan dari orang-orang terbaikmu untuk dijadikan pelajaran hidup yang sangat bermakna. 

No comments:

Post a Comment