Saturday 23 May 2015

7 Film "Wabah Penyakit" yang Ga Rugi untuk Ditonton


Bagaimana jika penyakit virus flu burung, flu babi dan flu kuda termutasi dan menyebar ke seluruh dunia mengancam kehidupan manusia di bumi. Orang-orang menjadi ketakutan untuk keluar rumah karena udara telah terkontaminasi virus, yang bisa mereka lakukan hanyalah bersembunyi dibawah lorong-lorong untuk bertahan hidup. Begitulah gambaran kecil kisah-kisah yang terjadi di dalam film-film fantasi tentang penyakit-penyakit mematikan berikut ini. Jika anda gemar menonton film-film tentang disease outbreak, 7 film di bawah ini layak untuk dinikmati.

   The Flu (2013)

     Sebuah kontainer membawa imigran gelap memasuki Korea Selatan. Sesampainya di Bundang, ternyata para imigran gelap tersebut tewas disebabkan flu mematikan. Hanya satu imigran yang masih bertahan. Ia ketakutan dan berlari keluar dari kontainer. Sementara itu, seorang petugas yang membuka  kontainer mengalami penyakit dengan gejala flu berat dan muntah darah yang akhirnya meninggal. Penyakit flu ini ternyata telah menyebar cepat di kawasan Bundang. Masyarakat yang mengalami muntah darah berbondong-bondong menuju rumah sakit.  Pemerintah segera menetapkan status darurat di kawasan Bundang dan segera mengisolasi kawasan tersebut. Kejadian flu terus bertambah, pemerintah melakukan karantina pada orang-orang yang terinfeksi. Namun ternyata pemerintah bertindak berlebihan, orang-orang yang terinfeksi dimasukkan ke dalam plastik hidup-hidup. Orang-orang yang terinfeksi marah dan menimbulkan kerusuhan dimana-mana.

Contagion (2011)

Film yang satu ini jangan anda lewatkan. Berkisah tentang virus mematikan yang menjangkit di seluruh dunia melalui udara. Semua orang panik dan khawatir akan tertular virus tersebut. Kepanikan yang terjadi menyebar lebih cepat melebihi menyebarnya virus. Seluruh dokter di seluruh dunia bekerja keras mencari obat penyembuh sembari mengontrol kepanikan yang berlangsung begitu cepat. Dunia maya pun tidak kalah heboh, dimana-mana orang membahas penularan virus memeatikan tersebut.   Tidak seperti film tentang penyakit biasanya, Contagion menekankan aspek-aspek riil jika suatu penyakit menyebar begitu cepat dan menyebabkan kepanikan diseluruh dunia. Pembuatan film ini disertai dengan konsultasi dengan CDC dan WHO sehingga film ini mirip film dokumenter yang cukup membuat kita membayangkan apa yang harus kita lakukan jika apa yang terjadi di film memang benar-benar terjadi di dunia nyata.


        Pandemic (2007)

Kayla Martin adalah seorang dokter yang ditugaskan oleh CDC (Centers of Disease Control and Prevention) untuk menangani sebuah kasus penyakit yang mengakibatkan dua peselancar tewas ketika pulang dari Australia. Dr. Kayla segera mengevaluasi orang-orang yang kemungkinan terpapar virus mematikan tersebut dengan memindahkan mereka ke tempat karantina. Kejadian yang tidak terduga terjadi, dalam perjalanan ke ruang karantina tersebut seseorang berhasil menerobos keluar beralasan untuk menyelesaikan sebuah urusan. Orang tersebut tanpa sadar menyebarkan penyakit ke seluruh Los Angeles. Situasi semakin memburuk ketika seorang gembong narkoba yang harusnya ikut dikarantina berhasil kabur dan mencoba mencuri obat yang digunakan untuk mengobati wabah tersebut dan meminta tebusan kepada pemerintah. 

  
I’m Legend (2005)

Berkisah tentang seorang ilmuwan bernama Robert Naville yang diperankan oleh Will Smith. Ia berhasil bertahan dan kebal dari suatu penyakit aneh yang membuat semua orang berubah menjadi makhluk karnivora yang haus darah. Naville sudah bertahan selama tiga tahun di sebuah rumah mewah dan ditemani seekor anjing betina bernama Samantha. Sebagai ilmuwan, Ia selalu mengamati perilaku khas dari manusia kanivora yang ternyata takut akan cahaya. Selama di rumah pesembunyiannya Naville bekerja keras melakukan penelitian untuk menyembuhkan penyakit gila tersebut. Hingga suatu ketika penemuannya menemui titik terang, makhluk yang dulunya sangat beringas berubah tenang. Disaat Naville berhasil menemukan penyembuh virus tersebut, para makhluk karnivora berhasil menemukan tempat persembunyian Naville.

Outbreak (1995)

Film yang dibintangi Morgan Freeman dan Dustin Hoffman ini menceritakan sebuah virus yang disebarkan oleh hama mikroskopis yang membunuh manusia 24 jam setelah terinfeksi. Hama ini membunuh korbannya dengan merontokkan organ-organ internal korban-korbannya. Berawal dari menjangkitnya penyakit aneh di afrika 30 tahun lalu, dokter-dokter dari Amerika berjanji menyembuhkan korban-korban wabah tersebut. Namun alih-alih menyembuhkan, dokter tersebut malah menginstruksikan sebuah pesawat pembawa bom untuk melenyapkan wabah tersebut. Ternyata penyakit tersebut belum lenyap, 30 tahun kemudian seorang pedagang ilegal membawa monyet dari afrika yang ternyata menjadi sumber wabah mengancam kehidupan di Amerika. Kepanikan  dan kehebohan segera muncul. Para dokter mencari vaksin untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Dimanakah penawar virusnya?


12 monkeys (1995)

Kembali ke masa lalu demi terciptanya kehidupan yang lebih baik. Itulah yang terjadi pada diri James Cole yang dibintangi oleh Bruce Willis. Pada tahun 2035, manusia harus tinggal di dalam lorong-lorong bawah tanah agar tidak terinfeksi penyakit mematikan yang telah mengotori atmosfer bumi. Pada waktu itu mesin penjelajah waktu telah ditemukan. Cole seorang tahanan meminta kepada ilmuwan agar dikirim kembali  ke masa lalu untuk mencari sumber penyakit tersebut yang diduga disebarkan oleh organisasi teroris bernama “twelve monkeys”. Sebagai imbalannya Cole meminta keringanan hukuman jika berhasil membawa virus untuk dibuatkan vaksinnya. Berawal dari sinilah petualangan Cole dimulai. Beberapa kali menjelajah waktu dan mencari tahu siapa sebenarnya organisasi 12 monkeys ini, James Cole mengalami berbagai rintangan dan mempertaruhkan nyawanya untuk mendapatkan virus tersebut.



Andromeda Strain (1971)

Andromeda strain adalah fim tentang tim ilmuwan yang  menginvestigasi adanya organisme luar angkasa yang menyebabkan penggumpalan darah fatal pada tubuh manusia. Dibintangi oleh Arthur Hill, James Olson dan David Wayne, film ini diadaptasi dari novel karya Michael Crichton dengan judul yang sama. Tim investigasi  yang dikepalai Dr. Jeremy Stone (Arthur Hill) dan salah asatu anggotanya dokter bedah bernama Dr.Hall (James Olson) akhirnya berhasil menemukan organisme yang mengakibatkan tewasnya penduduk di Piedmont, New Mexico tersebut. Di dalam laboratorium super canggih Dr. Hall mencoba meneliti organisme tersebut. Tak disangka, baru saja menelitinya, organisme tersebut bermutasi dan berhasil menembus wadah penelitian dan mengakibatkan alarm lab berbunyi. Lab tersebut secara otomatis akan melakukan mekanisme self destruction menyerupai bom atom ketika terdapat organisme yang berpotensi menyebar dan mengancam kelangsungan hidup. Sementara itu, anggota tim meneliti bahwa organisme ini sanggup menyerap ledakan dan mengubahnya menjadi energi untuk berkembang biak. Mampukah para dokter mencegah ledakan besar itu terjadi? Silakan tonton filmnya.


1 comment: