Thursday 14 May 2015

Ketika Makanan Favorit Jadi Tali Gantungan Bunuh Diri


Siapa sih disini yang ga suka makan makanan siap saji semacam Chicken, Pizza, Hamburger dan kawan-kawannya. Rasanya yang campur aduk, manis, gurih, pedas, asin membuat kita-kita ga pernah bosen buat cobain rasa-rasa baru makanan siap saji ini. Tapi tahu ga kalo makanan ini sebenarnya bisa jadi biang keladi penyakit-penyakit kelas berat loh?

Penyakit kelas berat itu semacam stroke dan serangan jantung. Kenapa bisa gitu? Nih gue jelasin sedikit kenapa makanan cepat saji, kalo ga dikontrol, bisa jadi tali gantungan bunuh diri kita di masa depan. Makanan-makanan siap saji itu dapat meningkatkan kadar kolesterol kita dalam darah. Apa itu kolesterol? Kolesterol itu semacam lemak khusus yang berlarian di pembuluh darah kita gan. Nah kolesterol ini sebenarnya banyak fungsinya, tapi jika jumlahnya terlalu banyak kolesterol ini bakal jadi sumber malapetaka.


Kolesterol dari makanan cepat saji yang berlebih ini bakal bikin lecet pembuluh darah kita. Tempat yang lecet ini bakal jadi tempat nongkrong macem-macem bocah, ada yang namanya “fibrin”, “platelet”, “lemak”, “kalsium” dll. kolesterol juga masuk gerombolan bocah-bocah ini gan. Nah kalo udah ngumpul banyak, terbentuklah gerombolan geng yang namanya “Atheroma”. Gerombolan ini jadi bikin macet jalan gan. Pembuluh darah kita yang semula lancar mulai macet gara-gara gerombolan bocah nakal ini. Kalo pembuluh darah menyempit dan aliran darahnya macet gara-gara gerombolan "atheroma" ini, namanya jadi "atherosclerosis". Kalo pembuluh darah macet di bagian jantung, lama-lama kita bakal kena serangan jantung yang sakit banget, rasanya sampe kaya mau mati (ya emang kebanyakan yang kena serangan jantung mati mendadak sih). Kalo yang macet itu pembuluh darah kita yang arahnya ke otak, kita bakal kena stroke. Kalo di ginjal, parah-parahnya bisa jadi gagal ginjal.

Mungkin lo pada protes “Ah masa? Gue makan banyak pizza, hamburger ga kena serangan jantung ato stroke!”.  Nah ini yang perlu diperhatikan, ngumpulnya bocah-bocah itu berlangsung lama gan. Ga langsung setelah lo makan pizza, chicken atau makanan cepat saji lainnya gerombolan “atheroma” ini terbentuk. Butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun buat gerombolan ini ngumpul.

Jadi kalo lo-lo sekarang merasa aman-aman saja makan banyak makanan cepat saji, bisa jadi sbnrnya pembuluh darah lo udah mulai rusak gan. Gerombolan "atheroma” itu bisa jadi sudah mulai nongkrong di pembuluh darah lo tapi lo ga ngerasa. Kenapa ga ngerasa? karena gerombolan ini belum besar jadi belum bikin macet. sewaktu muda, kita ga bakal ngerasain efek buruk makanan cepat saji, tapi kalo sudah umur 40-an keatas lo baru mulai ngerasain efeknya. Eh tapi, yang muda kena serangan jantung juga banyak kok.

Btw, selain kolesterol, merokok juga bikin pembuluh darah kita cepet rusak loh. Racun dari asap yang kita isep itu bikin lecet-lecet pembuluh darah juga. kalo kita suka merokok berarti kita juga sudah bikin tali gantungan buat bunuh diri kita di usia tua.

Jadi gan, biar umur kita panjang, kita harus (1) kontrol makanan-makanan siap saji yang sering kita nikmati itu, kalo kebablasan bisa berabe. Menikmati makanan siap saji semacam pizza hamburger, chicken dll itu boleh yang ga boleh itu kalo makannya kebablasan apalagi sampe bikin kita obesitas alias gendut. (2) Olahraga teratur bisa ngusir tuh gerombolan “atheroma” dari pembuluh darah kita. (3) Kontrol berat badan kita juga, kalo berat badan kita berlebih bisa jadi kadar kolesterol kita juga tinggi. (4) Makan makanan penurun kolesterolnya gan. Semua jenis ikan, teh hitam, minyak zaitun, kacang-kacangan termasuk tempe dan tahu bisa nurunin kolesterol. (5) Buah dan sayuran jangan lupa gan, sangat bagus dikonsumsi karena buah dan sayuran termasuk anti oksidan yang bisa nurunin bahaya kelebihan kolesterol. Dan yang belum (6) berhenti hobi rokoknya, bolehlah sedikit-sedikit dikurangin. Uangnya buat beli susu atau buat rekeasi, pergi ke kolam renang misalnya. Oke gan, gitu aja infonya, keep healthy and stay fit!

No comments:

Post a Comment