Thursday 21 May 2015

Begini Alasan Agar Lo Sebaiknya Mematikan Lampu dan Menghindari Membuka Gadget Sebelum Tidur

Interogasi dengan cahaya terang membuat tersiksa
http://belloflostsouls.net/wp-content/uploads/2011/09/MrBlack.jpg
Tidur berkualitas memang sulit-sulit gampang. Ada beberapa hal yang dilakukan buat meningkatkan kualitas tidur seperti pengguanan aroma terapi, relaxing, pemijatan, mandi air hangat dan sebagainya. Namun, ada satu hal kecil yang terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kualitas tidur kita, mematikan lampu sebelum tidur.

Disini mungkin sudah banyak yang terbiasa mematikan lampu sebelum baranjak tidur. Tidur dalam kondisi gelap membuat kita lebih nyaman dan lelap dari pada tidur dengan kondisi lampu menyala. Begini penjelasan ilmiahnya.

Didalam tubuh kita ada dua hormon yang berperan dalam proses kita tidur gan. (hormon itu zat kimia yang dihasilkan bagian-bagian tertenut tubuh kita untuk menhasikan efek tertentu). Hormon yang pertama namanya melatonin yang kebanyakan dikeluarkan di waktu malam menjelang tidur. hormon ini yang membuat kita merasa ngantuk gan. Yang kedua namanya hormon serotonin. Hormon yang bikin mata siap siaga ini banyak keluar di pagi dan siang hari. Pada saat lo bangun pagi hormon melatonin menurun dan hormon serotonin ini yang naik, Begitu juga sebaliknya, di waktu malam, hormon melatonin meningkat dan serotonin menurun.

Kenapa sih serotonin dan melatonin bisa naik turun gitu? Itu karena didalam tubuh kita ada Jam Biologis yang disebut “circardian rythm”. Tugas jam biologis ini mengatur siklus bagun tidur Lo.. Tapi yang perlu lo tahu gan, selain jam biologis, ternyata terang tidaknya cahaya berpengaruh juga ke hormon melatonin dan serotonin itu. Hormon melatonin yang buat Lo ngantuk ternyata dipicu oleh “kegelapan” sementara hormon serotonin dipicu oleh “cahaya”. 

Melatonin yang cukup saat tidur dapat meningkatkan kualitas tidur lo karena dapat mempercepat pemulihan, perabaikan sel-sel dalam tubuh dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Melatonin juga cukup efektif untuk mencegah insomnia, sindrom premensturasi dan efek gangguan tidur  lainnya. Sementara itu, keluarnya serotonin sebelum tidur yang dipicu cahaya seperti cahaya lampu dan gadget bisa menurunkan hormon melatonin yang bikin kualitas tidur lo jadi jelek. Namun yang unik, semakin kamu banyak terpapar cahaya terang di pagi dan siang hari, semakin mudah kamu merasa ngantuk dan mudah tertidur di sore dan malam hari. Ini karena serotonin yang keluar terlalu banyak di pagi hari, akan membuat tubuh mengeluarkan melatonin lebih cepat dan lebih banyak di waktu sore dan malam hari.   

Setelah mengetahui manfaat hormon melatonin dan bagaimana melatonin beraksi diatas, mematikan lampu dan menghindari membuka gadget sebelum tidur bisa jadi salah satu tips tidur yang sangat dianjurkan buat Lo. Selain mudah juga bikin hemat listrik. Keep healthy and stay fit!.   


No comments:

Post a Comment