Wednesday 16 December 2015

Makan Ga Mau Cuci Tangan! Hati-Hati Bakteri, Virus, dan Cacing Bertamasya ke Perut Kamu

Makan ga cuci tangan sepertinya sudah biasa banget buat kita-kita. Apalagi kalo cacing perut udah teriak-teriak dan makanannya enak, wih peduli setan yang namanya cuci tangan. Kalo ditanya “kamu kok ga cuci tangan?” kita jawab enteng “Buat vitamin!”.



Tapi tahu ga sih lo sbenarnya cuci tangan itu manfaatnya besar sekali loh. Menurut peneliti-peneliti di London kalo setiap orang rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, jutaan angka kematian bakal bisa dicegah. wih apa iya? Bener banget, karena kalian tahu salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia adalah diare alias mencret. Diare ini jadi momok terburuk khususnya pada anak-anak Coy.  Sekitar 2195 anak-anak meninggal perharinya gara-gara diare, per hari! Nah penelitian membuktikan rajin mencuci tangan dapat mengurangi risiko diare hingga 47% dan infeksi usus 42-44%. Tuh kan keliatan manfaatnya.
Nah itu kan pada anak-anak, ngapain cuci tangan toh ga cuci tangan juga sehat-sehat aja. Eits! tunggu dulu, mungkin kita ngerasa aman-aman aja makan ga cuci tangan, tapi kalo kebiasaan ini terus dipertahankan bukan tidak mungkin kita bakal terinfeksi bakteri atau virus berbahaya.
Kalian tahu kan tangan kita itu mengandung banyak bakteri bahkan virus. Kalo kita tidak rajin mencuci tangan, suatu saat bakteri tersebut bisa menyerang tubuh kita. Kita bisa terkena penyakit-penyait berbahaya dan mematikan gara-gara tangan kotor kita seperti Tifus dan Hepatitis, ih ngeri! Selain tifus dan bakteri masih ada yang lain loh, nih contohnya:
 Bakteri:
  • Campylobacter, Salmonella, Shigella, Clostridium difficile dan bakteri lain penyebab diare.  
  • Salmonella typhi penyebab penyakit tifus
  • Toxoplasma gondii yang biasanya ada di bulu kucing guys dan bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil, hati-hati.
  • Vibrio cholerae, penyebab Kolera.

Virus:
  • Virus Hepatitis A dan E, penyebab penyakit hepatitis yang bisa merusak hati.
  • Poliovirus, penyebab polio, penyakit yang bisa bikin lumpuh tangan dan kaki.
  • Rotavirus, penyebab diare.

Selain bakteri dan virus ada yang lebih menjijikan guys, cacing!

Cacing:
  • Cacing gelang, bisa menyebabkan kurang gizi pada anak-anak
  • Cacing tambang, bisa menyebabkan kurang darah karena mirip cacing pita cacing ini makan nutrisi lewat darah kita.
  • Cacing kremi, seringnya sih pada anak-anak tapi orang dewasa juga bisa kena. Cacing kremi ini penyebab gatal-gatal di anus.

cacing kremi
cacing tambang
Itu Guys apa yang masuk ke perut kita kalo ga cuci tangan sebelum makan. jangan bilang lagi vitamin kalo ga mau cuci tangan. Bukan vitamin yang masuk malah cacing dan bakteri berbahaya. Sering-sering cuci tangan ga rugi kok, malah orang lain ngelihatnya kita orang yang selalu menjaga kebersihan. Tangan aja selalu diperhatiin, apalagi kamu, iya kamu!
Referensi:
Curtis, Val, and Sandy Cairncross. "Effect Of Washing Hands With Soap On Diarrhoea Risk In The Community: A Systematic Review". The Lancet Infectious Diseases 3.5 (2003): 275-281. Web.


https://www.ok.gov/health2/documents/Diarrheal%20Illness_Fecal-Oral%20Transmission%20and%20Prevention.2014.pdf


No comments:

Post a Comment