Thursday 31 May 2018

Rajin Angkat Beban Mencegah Tulang Keropos di Usia Tua

"Siapa yang menanam akan menuai", mungkin kata-kata itu yang pas buat kamu yang rajin angkat beban di gym atau di rumah nih guys. angkat beban terbukti ampuh meningkatkan kepadatan tulang kita, apalagi jika dilakukan oleh kita yang masih muda-muda. tidak hanya membuat otot atletis dan berisi, tulang pun ikut merasakan manfaatnya yang langgeng hingga usia tua.

berbeda dengan mesin buatan manusia yang semakin digunakan semakin aus dan rusak, tubuh kita sebaliknya, semakin dilatih dan digunakan akan semakin kuat. otak yang terus diasah akan bertambah cerdas, otot yang sering dilatih akan semakin kuat dan tulang yang terus ditempa akan semakin padat. Tubuh kita memang canggih, ia mempunyai mekanisme untuk memperkuat diri jika mendapatkan suatu tekanan.

Pada tulang kita ada yang namanya proses modeling dan remodeling. modeling berlangsung terutama saat kita anak-anak dan remaja. fungsinya untuk menambah ukuran panjang dan lebar dari tulang sehingga kita bisa tumbuh tinggi maksimal. sementara remodelling berlangsung terutama pada masa-masa dewasa muda, saat pertumbuhan tulang mulai terhenti. fungsinya yaitu proses pemadatan dan deposisi mineral-mineral tulang.

Pada proses remodeling terdapat dua komponen yang sangat penting. yang pertama osteoblast yaitu sel yang membentuk matriks-matriks tulang dan osteoklas yang akan merombak bagian tulang yang rusak sehingga bisa tergantikan dengan sel-sel yang lebih kuat. osteoblast akan aktif berperan memadatkan tulang kita jika rajin minum susu, suplemen vitamin D dan berolahraga. sementara osetoklas akan bekerja secara aktif jika tubuh kita kekurangan kalsium dan jarang berolahraga. nah keseimbangan dua komponen ini lah yang penting untuk kepadatan tulang kita. aktivitas osteoklas yang terlalu tinggi akan mengakibatkan tulang kita menipis sehingga kekuatannya berkurang dan mudah patah.

latihan angkat berat terbukti akan meningkatkan aktivitas remodeling sehingga tulang kita menjadi padat dan kuat. Saat latihan angkat beban, tubuh merespon beban tersebut dengan membentuk tulang yang lebih kuat sehingga bisa menahan beban yang lebih besar. Penelitan oleh Hinton et. al (2015) menyatakan bahwa latihan ketahanan (resistance training) berupa angkat beban, squats, lunges dapat meningkatkan tingkat densitas (kepadatan) tulang.

Nah begitu guys, yuk sempetin buat latihan angkat beban setiap hari agar tulang kita kuat dan padat. 

referensi: 

Hinton, P., Nigh, P. and Thyfault, J. (2015). Effectiveness of resistance training or jumping-exercise to increase bone mineral density in men with low bone mass: A 12-month randomized, clinical trial. Bone, 79, pp.203-212.

No comments:

Post a Comment