Sunday 13 December 2015

6 Penyakit yang Tidak Benar-Benar Bisa Terobati

Kamu tahu ga? penyakit Flu itu sebenarnya sampe sekarang belum benar-benar ada obatnya loh. Ah masa? Iya sebenarnya yang menyembuhkan kita dari flu itu sistem kekebalan tubuh kita bukan obatnya. Selain flu ada penyakit lain juga yang sampe sekarang belum bisa terobati. Jika penyakit itu sudah menjangkiti kita, kita tidak akan benar-benar sembuh darinya. Berikut 6 penyakit tersebut.

  1. Flu
Flu atau influenza itu, Guys, disebabkan oleh virus. Banyak virus yang menyebabkan Flu seperti Rhinovirus, virus inluenza, dan Coronavirus, Parainfluenza, dan adenovirus. Tanda-tanda kalo kamu terkena flu biasanya demam, sakit kepala, bersin-bersin, pusing dan pilek. 
Sampe sekarang influenza belum benar-benar bisa terobati guys. Ketika kita terkena virus influenza, virus tersebut tidak bisa dimatikan oleh obat. Virus tersebut tetap berada di tubuh kita. Terus kenapa flu bisa terlihat sembuh? Sebenarnya tugas sistem kekebalan atau sistem imun kitalah yang bisa membuat lemah si virus sehingga virus tidak menimbulkan penyakit.  
Selama sistem imun kita kuat, virus tidak akan bisa berbuat banyak tetapi ketika sistem imun kita loyo si virus ini bakal kembali menyerang tubuh kita sehingga timbullah tanda-tanda flu diatas. Disinilah pentingnya olahraga dan makan makanan bergizi. Selama kita rajin berolahraga dan menjaga pola makan kita, sistem imun pun menjadi kuat dan bisa menceegah virus influenza beraksi.
  1. Asthma 
Pasti ada diantara teman-teman kalian yang mempunyai asthma. Penyakit asma kalo tidak tertangani dengan baik bisa membahayakan nyawa loh. Penyakit asma ini tanda-tandanya adalah sesak napas yang hebat, terdengar bunyi mengi saat bernapas, batuk-batuk dan waktu yang panjang buat mengeluarkan napas (ekspirasi). 
Penyakit asma ini disebabkan karena alergi, bisa alergi debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, polusi udara dan serbuk sari. Jadi waktu teman kita yang terkena asma tak sengaja menghirup benda-benda diatas, paru-paru mereka akan menyempit karena berkontraksi. Selain itu akan ada pembentukan lendir disaluran nafasnya juga akan meningkat. Nah penyempitan paru-paru dan banyaknya lendir itulah yang bikin sesak napas waktu asma.
Penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan tetapi bisa terkontrol. Dikontrolnya dengan apa? Pertama menghindari benda-benda yang membuat asma kita kambuh, rajin berolahraga akan meningkatkan fungsi paru-paru kita sehingga asma tidak mudah kambuh, dab sediakan nebulizer jika sewaktu-waktu asma kita kambuh.
  1. Polio
Yang ketiga adalah polio. Polio ini sebenarnya penyakit yang sangat menular loh Guys. Polio bisa menular lewat makanan, cairan ludah, atau melalui eek penderita. Polio ini sudah mulai jarang karena pemerintah sudah mewajibkan vaksin imunisasi waktu kita balita dulu. 
Polio ini penyakit yang bisa berakibat fatal, disebabkan oleh virus polio. Orang yang terkena polio akan mengalami kelemahan otot permanen, kelumpuhan bahkan kematian. Virus polio ini bikin otot-otot lemah dan lumpuh karena menyerang syaraf dan otot-otot penderitanya.
Sampe sekarang belum ada obat yang bisa menyembuhkan polio, makanya pengobatan terbaik dari penyakit ini adalah melakukan pencegahan yang pertama dengan melakukan imunisasi, kemudian rajin berolahraga dan makan teratur dan hindari stress, karena orang yang stress atau luar biasa capek, kekebalannya akan menurun dan ia akan mudah terinfeksi virus.
  1. HIV/AIDS
Sudah pada tahukan, penyakit yang satu ini. HIV itu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh kita. Ketika seseorang terkena HIV, penyakit yang biasanya ga pernah muncul tiba-tiba muncul dan penyakitnya menumpuk-numpuk karena sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah jadi semua penyakit bisa menyerang si penderita HIV.  Serin kali orang yang terkena HIV tidak mati karena penyakit HIVnya tetapi gara-gara penyakit-penyakit lain yang menyerangnya seperti TBC, Pnumonia, infeksi dan lain-lain.
Orang yang berisiko terkena HIV itu selain orang yang sering gonta-ganti pasangan dan melakukan seks bebas, ada pengguna  narkoba, homoseksual dan lesbian, dan istri atau suami orang-orang yang berisiko diatas. Jadi guys kalo misalnya kamu punya pasangan sebaiknya cek dulu ya, jangan sampe kita kecolongan. Banyak loh ibu-ibu yang terkena HIV bukan karena ibu itu seorang PSK atau pengguna narkoba tapi gara-gara tidak tahu kalo suaminya ternyata penderita HIV/AIDS. Ngeri. 
Selain itu, jaga pergaulan dengan teman-teman kita. Kondisi yang buruk tidak mengharuskan kamu terjerumus ke dunia gemerlap dan seks bebas.
  1. Ebola
Ebola ini penyakit yang sangat mematikan dan sangat menular. Wabah terbesar pertama kali terjadi di Kongo Afrika pada tahun 1976. Ratusan orang meninggal gara-gara penyakit ini. Pada tahun 2014 terjadi kembali wabah Ebola di negara-negara Afrika Barat. Lebih dari 3850 orang meninggal karena penyakit ini.
Penyakit Ebola disebabkan  karena virus ebola. Orang yang tertular ebola akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri sendi dan otot. Tetapi beberapa hari kemudian kondisi berubah mengerikan, muntah darah, terjadi pendarahan organ-organ tubuh seperti mulut, gusi dan lambung. Rata-rata orang meninggal karena terjadi kegagalan fungsi organ dan kekurangan darah akibat pendarahan hebat. 
Sampe sekarang virus ebola belum bisa diobati dan dibasmi, kebersihan lingkungan merupakan faktor utama terjadinya wabah penyakit ebola.
  1. Kanker
Sel kanker adalah sel yang tumbuh tidak terkontrol akibat kegagalan tubuh untuk menghentikan pertumbuhan sel tersebut sehingga mengakibatkan kerusakan organ. Sel kanker ini bisa menyebar ke organ lain guys. Orang yang terkena kanker payudara bisa juga terkena kanker paru-paru karena sel kanker dari payudara bisa terbawa oleh darah. Nah tingkat keparahan kanker dilihat dari penyebaran ini. semakin menyebar sel kanker ke organ-organ lain semakin parah kondisi penderita.
Kanker mempunyai julukan ‘The Emperor of Maladies’ yaitu raja diraja segala penyakit karena sering kali penderita kanker datang mengunjungi dokter dalam kondisi yang sudah parah. Sel kanker sebenarnya bertambah banyak selama bertahun-tahun, tetapi karena seringkali tidak terdeteksi dan tidak menimbulkan gejala, orang-orang akan datang pada saat sel kanker sudah bertambah banyak (proliferasi) dan menyebar ke beberapa organ.
tidak semua kanker mematikan jika ditangani segera. namun kanker bisa sangat berbahaya jika kita tidak menyadarinya dan tidak segera diobati. Jenis kanker paling mematikan adalah kanker paru-paru, disusul kanker kolorektal, kanker payudara, kemudian kanker pankreas, dan kanker prostat. Kelima kanker ini punya tingkat kematian yang sangat tinggi. 
Orang yang berisiko terkena kanker adalah orang yang obesitas, peminum alkohol, perokok, orang yang terkena penyakin menahun, infeksi, makan-makan berbahan kimia berbahaya seperti formalin, boraks, dan pewarna makanan, orang yang banyak mengonsumsi lemak dan kolesterol.
Keenam penyakit diatas sebagian bisa mereda dengan sendirinya, dan membutuhkan biaya yang terjangkau. Namun, sebagian lagi sangat mematikan dan butuh biaya yang sangat besar untuk pengobatannya. Untuk itu kawan-kawan mencegah penyakit-penyakit ini adalah hal yang paling tepat. Sangat mudah untuk mencegah penyakit-penyakit diatas yaitu dengan rajin berolahraga dan miliki kebiasaan makanan bergizi, jaga kebersihan lingkungan dan tangan, serta jangan sungkan untuk mengecek kesehatan ke dokter jika kondisi kesehatan menurun atau ada kelainan pada tubuh seperti timbul benjolan, luka dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment